Sejarah Maharana Pratap atau Pratap Singh



MAHAPUTRA-ANTV.BLOGSPOT.COM







Maharana Pratap atau Pratap Singh (9 Mei 1540 – 29 Januari 1597) adalah penguasa Mewar, sebuah wilayah di utara-barat India di negara hari ini dari Rajasthan. Ulang tahun kelahirannya (Maharana Pratap Jayanti) dirayakan sebagai festival setiap tahun pada hari ke-3 fase Jyestha Shukla.

Dia adalah anak tertua dari Maharani Jayavantabai dan Maharana Udai Singh II, pendiri Udaipur. Dia dari klan Sisodia dari Rajput. Maharana Pratap Singh secara luas dianggap sebagai seorang prajurit tak kenal takut dan pengatur strategi yang cerdik, yang berhasil berjuang melawan Mughal dan dijaga orang sampai kematiannya. Dalam budaya India yang populer, ia dipuji sebagai sosok inspiratif dan panutan kesopanan dan akal.






Tahun 1568 pada masa pemerintahan Udai Singh (ayah Maharana Pratap), Chittorgarh Fort ditaklukkan oleh Kaisar Mughal Akbar. Namun, Udai Singh dan keluarga kerajaan Mewar telah meninggalkan Chittor, sebelum benteng diduduki, dan pindah ke kaki Range Aravalli dimana Singh telah mendirikan kota Udaipur sebelumnya, 1559. Rani Dheer Bai ingin anaknya Jagmal yang jadi penerus. Akan tetapi, Udai Singh lebih suka Pratap senior, sebagai anak sulung, yang menjadi raja. Keinginan para bangsawan ini akhirnya menang, dan keputusan itu sangat tepat, karena Pratap menjadi pahlawan India yang besar.









DAFTAR SINOPSIS MAHAPUTRA ANTV

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel